MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI KULIAH KERJA LAPANGAN DI SURABAYA-BALI

Mahasiswa dan Dosen ketika Kuliah Kerja Lapangan di PT Yakult Mojokerto Surabaya

Sebanyak 76 mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo menyelenggarakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Surabaya dan Bali pada tanggal 9-14 Juli 2018. Objek Kuliah Kerja Lapangan (KKL)  adalah PT Yakult Mojokerto, PT Indofood Pasuruan, dan Kantor Bea Cukai Denpasar Bali. Ketua panitia, Safina mengatakan, “Kuliah Kerja Lapangan (KKL) diselenggarakan dengan tujuan mengenalkan mahasiswa ke dunia wirausaha yang nyata, sehingga ketika lulus, mereka sudah memiliki bekal berwirausaha dan mampu mengaplikasikannya, selain itu mahasiswa juga mendapatkan ilmu langsung dari praktisi bidang kepabeanan dan cukai”.

Kunjungan diawali di PT Yakult Mojokerto dan PT Indofood Pasuruan. Mahasiswa menyaksikan secara langsung proses produksi mulai dari bahan mentah hingga pengemasan sampai kegiatan distribusi. Kunjungan dilanjutkan di Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Denpasar Bali. Mahasiswa mendapatkan kuliah oleh Staf Kantor Bea Cukai Denpasar mengenai tugas dan fungsi pokok bea cukai dalam menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegakan hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan negara di bidang kepabeanan dan cukai sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan kegiatan rutin Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Muhammadiyah Purworejo. Kegiatan studi tersebut dimaksudkan selain untuk menambah pengalaman dan pengetahuan secara praktis juga meningkatkan minat wirausaha bagi mahasiswa. Diharapkan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini sebagai simulasi sehingga mahasiswa akan benar-benar siap ketika mereka terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.