LULUSAN PENDIDIKAN EKONOMI AKAN MEMPEROLEH SKPI

Surat Keterangan Pendamping Ijazah

Mulai tahun 2018 mahasiswa lulusan program Studi Pendidikan Ekonomi akan memperoleh Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) merupakan dokumen tambahan yang memberikan penjelasan secara objektif dari prestasi dan kompetensi pemiliknya. Selain itu SKPI juga meningkatkan kelayakan kerja (employability) terlepas dari kekakuan jenis dan jenjang program studi. Dasar hukum pelaksanaan penyusunan, pengajuan, dan penerbitan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) diatur dalam Undang-undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi serta mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Ketua Program Studi Pendidikan Ekonomi, Dra. Sri Kustilah, M.Pd. menjelaskan tentang manfaat daripada Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), menurutnya “SKPI dapat menjadi dokumen tambahan yang menyatakan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan dan sikap/moral seorang lulusan yang lebih mudah dimengerti oleh pihak pengguna baik di dalam maupun di luar negeri (dunia kerja) dibandingkan dengan hanya membaca transkrip, selain itu bagi dunia kerja, SKPI menjadi hal yang dapat membantu para perekrut kerja (HRD perusahaan) dalam menyeleksi tenaga kerja serta menempatkannya pada posisi yang tepat sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya”. Kaprodi juga mengharapkan mahasiswa agar selalu meningkatkan kompetensi serta prestasinya dengan membekali diri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan workshop, seminar, serta uji kompetensi yang dilakukan oleh lembaga-lembaga kredibel dan berlisensi.

Informasi yang dikandung dalam SKPI ini berupa identitas mahasiswa pemegang SKPI, informasi identitas penyelanggara program, dan informasi tentang isi kualifikasi dan hasil yang telah dicapai mahasiswa yang terdiri atas capaian pembelajaran dan prestasi lulusan seperti perolehan penghargaan atau keikutsertaan yang bersangkutan dalam berbagai organisasi yang kredibel, perolehan sertifikat dari organisasi yang kredibel. Informasi disajikan dalam 2 (dua) bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published.